Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kesalahan Link Building yang Harus Dihindari Saat Membangun Backlink

 

Link Building

Sebagian besar SEO membuat kesalahan pembuatan tautan yang umum saat menjalankan strategi pembuatan tautan. Ini kontra-produktif dengan tujuan meningkatkan kinerja pemasaran digital.

Pembuatan tautan memberikan beberapa manfaat penting untuk situs web merek. Menurut Google, peringkat bangunan tautan sebagai salah satu dari tiga faktor peringkat teratas. Inilah sebabnya mengapa orang menghabiskan begitu banyak waktu untuk penjangkauan blogger dan upaya blogging tamu. Konten berkualitas dan respons seluler adalah tiga faktor peringkat pencarian Google teratas lainnya.

Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa kesalahan pembuatan tautan yang paling umum untuk dihindari. Kami juga akan melihat keuntungan utama dari pembuatan tautan untuk situs web Anda.


Manfaat Strategi Membangun Link yang Berhasil

Jika Anda bertanya kepada beberapa perusahaan SEO yang paling berpengalaman, mereka akan mengatakan bahwa SEO adalah sembilan puluh persen pembuatan link. Mereka tidak salah. Strategi membangun tautan yang kuat dan berhasil direncanakan dapat membantu:

  • Meningkatkan peringkat pencarian untuk kata kunci spesifik industri
  • Meningkatkan metrik dan skor SEO situs web
  • Tambahkan ke keterpaparan dan visibilitas situs web
  • Menarik audiens target baru dan lalu lintas situs web dari situs otoritas
  • Tingkatkan perolehan prospek secara bertahap dan konversi penjualan untuk sebuah merek.

Pembuatan tautan organik yang didasarkan pada konten berkualitas termasuk dalam Pedoman Kualitas Google. Dengan kata lain, Anda tidak perlu khawatir Google akan menjatuhkan situs Anda dari sudut pandang penalti.

Inilah sebabnya mengapa agensi SEO terbaik selalu mengikuti strategi White Hat Link Building. Dengan kata lain, hukuman Google berkisar dari penurunan metrik situs web, penurunan peringkat pencarian dan pengurangan atau lalu lintas organik.

Baca Selengkapnya: 10 Tips SEO Ampuh Meningkatkan Traffic Blog Anda

Pembuatan tautan topi putih adalah pendekatan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web melalui teknik SEO manual, seperti tautan yang relevan ke konten lain yang relevan di web.

Dalam kasus terburuk, Google bahkan mungkin menghapus indeks situs web Anda, jika mereka menemukan bahwa Anda menggunakan strategi topi hitam untuk mengembangkan situs web Anda. Dengan kata lain, mencoba memanipulasi algoritme Google untuk meningkatkan peringkat Anda di SERP.

Kesalahan Umum Membangun Link Yang Harus Dihindari: Daftar 1-10

Membangun Link


1. Hindari membangun link hanya di situs otoritas rendah.

Sangat penting untuk membangun tautan balik di situs web, yang memiliki skor, lalu lintas, dan metrik SEO yang baik. Ini menambah kredibilitas backlink yang Anda bangun. Hindari membuat tautan di situs yang memiliki skor rendah, skor spam tinggi, dan/atau menampilkan konten duplikat.


2. Hindari bekerja dengan Jaringan Blog Pribadi (PBN).

Jaringan Blog Pribadi atau PBN adalah situs web palsu yang ada hanya untuk membangun tautan. Mereka tidak memperhatikan relevansi atau kualitas konten. Mereka berbahaya karena bertentangan dengan Pedoman Kualitas Google.


3. Jangan mencoba untuk terlibat dengan reseller link.

Pengecer tautan adalah vendor pihak ketiga, yang menempatkan tautan balik di PBN dan direktori tautan. Mereka tidak peduli dengan kualitas konten atau relevansi industri tempat tautan ditempatkan. Yang terbaik adalah bekerja dengan agen pembuat tautan khusus, yang profesional dalam pendekatan mereka dan terjangkau dalam harga mereka.


4. Cobalah untuk menghindari menautkan ke situs web yang tidak relevan.

Menurut pakar industri, relevansi adalah peringkat halaman baru! Ini berarti bahwa Google ingin Anda menempatkan backlink di situs yang terkait dengan niche industri Anda. Membangun backlink di situs yang relevan berarti mengarahkan lalu lintas situs web yang sudah terlibat ke situs web merek Anda. Jangan menempatkan backlink di situs yang berbeda dengan merek atau produk Anda.


5. Jangan membuat terlalu banyak backlink dalam waktu yang singkat.

Sebagian besar merek senang membangun terlalu banyak backlink dalam rentang waktu yang terlalu singkat. Ini bukan praktik yang baik, karena Tim Spam Web Google memperhatikan praktik tersebut. Anda harus menyebarkan bangunan tautan Anda secara merata. Ini membantu untuk tidak membunyikan alarm, serta membantu Anda memperhatikan setiap aspek strategi membangun tautan Anda.


6. Hindari membangun tautan umpan klik.

Click baiting adalah salah satu kesalahan pembuatan tautan teratas yang harus Anda hindari. Dalam beberapa bulan terakhir, situs seperti The Sun telah diturunkan peringkatnya karena umpan klik. Cobalah untuk menggunakan kata kunci yang Anda targetkan sebagai teks jangkar, daripada kata-kata sensasional yang digunakan sebagai tautan. Google menghukum situs web dengan cukup berat jika ditemukan bahwa mereka menggunakan umpan klik.


7. Jangan menggunakan konten plagiat berkualitas rendah.

Orang cenderung lupa bahwa backlink mereka dibawa dalam kendaraan konten mereka. Harap coba untuk menghindari penggunaan konten duplikat untuk pembuatan tautan. Ini mengirimkan pesan yang sangat salah ke mesin pencari dan lalu lintas situs web Anda. Google sangat menekankan pada konten asli, format panjang, dan berkualitas. Harap pastikan bahwa Anda membuat konten bernilai tinggi dan informatif setiap saat.


8. Hindari membangun semua backlink hanya pada satu situs web.

Keragaman adalah kunci dalam membangun backlink. Beberapa webmaster membuat sepuluh hingga lima belas tautan di satu situs, karena mereka mendapatkan penawaran bagus dari beberapa situs. Namun, ini adalah kesalahan pembuatan tautan yang serius. Google lebih suka melihat backlink Anda di sebanyak mungkin situs web terkait industri. Ini menunjukkan keragaman dan membuka tautan balik Anda ke lalu lintas baru.


9. Hapus atau tolak backlink berkualitas rendah.

Anda bukan satu-satunya yang membangun backlink. Banyak situs berkualitas rendah mungkin menempatkan tautan balik Anda di bagian konten atau sumber daya mereka. Penting untuk terus memeriksa di mana backlink Anda berada. Lakukan pemeriksaan sebulan sekali untuk melihat di mana backlink Anda ditempatkan. Hapus atau tolak tautan balik Anda di situs eksternal dengan menghubungi webmaster situs tersebut.


10. Jangan kehilangan kesabaran dalam hal membangun tautan.

Kesabaran adalah kebajikan besar dalam hal membangun backlink. Penting bagi Anda untuk menahan diri dan menunjukkan kehati-hatian dalam hal membangun tautan. Jangan terlalu agresif dalam hal membangun tautan. Kuncinya adalah bersabar dan terlibat dengan strategi selama periode tertentu.


Kesimpulan

Sebagai dasar dari setiap strategi SEO yang sukses, pembuatan tautan telah menjadi sangat penting belakangan ini. Bahkan, beberapa orang mungkin berpendapat bahwa SEO = Membangun Tautan. Pada artikel ini, kita telah melihat beberapa kesalahan pembuatan tautan paling umum yang dilakukan oleh merek.

Beri tahu kami kesalahan lain di bagian komentar di bawah.