Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Keaslian IMEI HP Vivo Resmi Atau Palsu

Pemerintah telah mengesahkan peraturan yang mengatur tentang pemblokiran nomor IMEI pada smartphone ilegal. Peraturan ini berlaku untuk semua merek smartphone, termasuk Vivo. Kabarnya peraturan ini akan mulai berlaku pada bulan April 2020, sehingga setelah itu semua smartphone ilegal tidak akan dapat menggunakan layanan seluler dari operator di Indonesia.

Mengecek Keaslian IMEI HP Vivo Resmi

Bagi pengguna smartphone ilegal atau black market, tidak perlu khawatir. Pemerintah sedang menyiapkan skema pendaftaran nomor IMEI bagi smartphone black market agar tetap terdaftar di situs cek IMEI Kementerian Perindustrian. Jadi, pengguna smartphone ilegal masih dapat menggunakan layanan seluler setelah peraturan pemblokiran IMEI berlaku.

Untuk mengetahui apakah smartphone yang kita miliki ilegal atau tidak, kita bisa mengecek nomor IMEI-nya di situs Kementerian Perindustrian. Namun, sebelum itu, kita harus mengetahui nomor IMEI dari smartphone kita terlebih dahulu. Cara mengetahui nomor IMEI dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan membuka bagian belakang smartphone dan melihat pada bagian sticker, atau dengan menekan *#06# di layar dial. Setelah mengetahui nomor IMEI, kita bisa memasukkannya ke situs cek IMEI Kemenperin untuk mengetahui apakah smartphone tersebut ilegal atau tidak.

Cara cek IMEI Vivo sangat mudah. Kita tidak perlu mendownload aplikasi tertentu untuk mengetahui nomor IMEI dari smartphone Vivo. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti membuka bagian belakang smartphone dan melihat pada bagian sticker, atau dengan mengikuti tutorial dibawah ini 

Cara Mengecek IMEI Smartphone VIVO

Cara pertama untuk mengecek nomor IMEI Vivo adalah dengan menggunakan kode cek IMEI. Cara ini berlaku untuk semua jenis dan merek smartphone, baik Android maupun iOS. Sebagai informasi, smartphone Vivo yang dipasarkan di Indonesia biasanya dilengkapi fitur Dual SIM, sehingga akan terdapat dua nomor IMEI yang berbeda. 

Nomor IMEI digunakan oleh provider seluler untuk mengidentifikasi smartphone yang menggunakan jaringannya. Oleh karena itu, semua provider seluler berhak memblokir smartphone ilegal yang nomor IMEI-nya tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian. Jadi, penting bagi kita untuk mengetahui nomor IMEI dari smartphone Vivo yang kita miliki. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui nomor IMEI.

Untuk mengetahui nomor IMEI dari smartphone Vivo, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu telepon di smartphone Vivo.
  2. Tekan *#06# pada layar dial.
  3. Setelah menekan nomor tersebut, maka akan otomatis muncul informasi nomor IMEI dari smartphone Vivo, yang terdiri dari IMEI 1 dan IMEI 2.
  4. Jika menggunakan smartphone Vivo dengan fitur Single SIM, maka hanya akan muncul satu nomor IMEI saja.

Setelah mengetahui nomor IMEI, kita bisa memasukkannya ke situs cek IMEI Kementerian Perindustrian untuk memastikan apakah smartphone tersebut legal atau tidak. Jika smartphone tersebut ilegal, maka kita harus segera mengambil tindakan yang diperlukan agar tidak terkena pemblokiran IMEI.

Cara cek IMEI Vivo dengan kode memang sangat mudah. Kita hanya perlu menekan *#06# pada menu Telepon atau Dial Up di smartphone Vivo yang kita miliki. Kemudian, nomor IMEI yang muncul bisa dimasukkan ke situs cek IMEI Kementerian Perindustrian untuk memastikan apakah smartphone tersebut legal atau tidak di https://imei.kemenperin.go.id/.

Mengecek IMEI VIVO dari Pengaturan

Selain menggunakan kode, kita juga bisa mengetahui nomor IMEI dari smartphone Vivo dengan masuk ke menu Pengaturan. Cara ini juga sangat mudah, namun kita harus mengetahui dimana lokasi nomor IMEI-nya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan di smartphone Vivo.
  2. Cari dan pilih opsi Tentang Perangkat atau Informasi Perangkat.
  3. Pada menu yang muncul, cari dan temukan bagian nomor IMEI atau nomor seri perangkat. Biasanya, nomor IMEI terletak di bagian bawah menu Tentang Perangkat atau Informasi Perangkat.
  4. Catat nomor IMEI yang muncul, lalu masukkan ke situs cek IMEI Kementerian Perindustrian untuk memastikan apakah smartphone tersebut legal atau tidak.
Jika menggunakan smartphone Vivo dengan fitur Dual SIM, maka akan terdapat dua nomor IMEI yang berbeda. Pastikan untuk mencatat kedua nomor tersebut agar tidak terjadi kesalahan saat mengecek di situs cek IMEI.

Mengecek IMEI VIVO dari Kotak Kemasan

Mengecek IMEI VIVO dari Kotak Kemasan


Nomor IMEI memang bukanlah nomor sembarangan. Nomor tersebut berfungsi sebagai identitas dari sebuah smartphone, yang di dalamnya berisi informasi mengenai produsen perangkat, merek, tipe/model, dan spesifikasi. Dengan demikian, kita bisa mengetahui keaslian smartphone Vivo dengan mengecek nomor IMEI-nya. 

Apabila membeli smartphone Vivo baru, kita tidak perlu membuka kotak kemasan untuk mengetahui nomor IMEI-nya, karena nomor tersebut sudah tercantum di bagian belakang kotak kemasan. Setelah mengetahui nomor IMEI, kita bisa memasukkannya ke situs cek IMEI Kementerian Perindustrian untuk memastikan apakah smartphone tersebut asli atau tidak. 

Jika membeli smartphone Vivo bekas, maka kita bisa mengecek nomor IMEI dengan menggunakan kode cek IMEI atau dengan memasukkan nomor IMEI ke menu Pengaturan.

Demikianlah cara cek IMEI Vivo untuk mengecek keaslian smartphone serta memastikan bahwa ponsel Vivo yang kita miliki merupakan perangkat resmi atau ilegal. Dengan mengecek nomor IMEI, kita bisa terhindar dari masalah pemblokiran IMEI dan tetap bisa menggunakan layanan seluler dari provider di Indonesia. 

Selain itu, pengecekan IMEI juga berguna untuk memastikan bahwa kita tidak membeli smartphone Vivo palsu yang tidak memenuhi standar kualitas dan spesifikasi. Semoga informasi yang telah disampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pengguna smartphone Vivo di seluruh Indonesia.