Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEO Off Page: Kenali Fitur dan Perbedaannya dengan SEO On Page

 

SEO Off-Page

Apa itu SEO Off-Page?

Seperti yang kita tau, dalam SEO, istilah SEO Off-page mengacu pada langkah-langkah yang diambil di luar situs web yang memengaruhi peringkat mesin pencari. 

Anda tidak memiliki kontrol sebanyak yang Anda lakukan pada fitur SEO pada halaman.

Jenis pengoptimalan ini pada akhirnya melihat seberapa populer dan otoritas situs web Anda. 

Kebanyakan orang berpikir tentang membangun tautan (LINK BUILDING) ketika mereka mendengar istilah SEO di luar halaman, tetapi ada banyak faktor lain yang berperan dalam peringkat situs web Anda, termasuk desain situs web, keterlibatan media sosial, dan penyebutan merek.


Fitur SEO Off-Page

Berikut adalah fitur terpenting yang perlu Anda ketahui.


#Pembuatan Tautan

Ketika situs web lain menautkan ke situs web Anda, itu dianggap sebagai mosi percaya.

Semakin banyak suara yang Anda terima, semakin besar kemungkinan Anda akan mendapat peringkat tinggi di mesin pencari. 

Kebalikannya juga benar. Semakin sedikit suara yang Anda terima, semakin sulit untuk memasukkan situs Anda ke SERP, karena Google tidak melihat Anda sebagai orang yang berwibawa dan dapat dipercaya.

Pada akhirnya, Anda memerlukan situs web lain untuk menjamin Anda, di situlah backlink masuk. Membuat tautan eksternal adalah bagian penting dari keseluruhan strategi Anda.

Ada banyak cara di mana Anda dapat membangun tautan untuk situs web Anda, seperti menulis posting tamu, menghubungi situs yang relevan dan dapat dipercaya untuk melihat apakah mereka bersedia menautkan ke konten Anda, dan membuat siaran pers dan konten lain yang dapat dikirimkan ke direktori artikel.

Perlu diingat bahwa Google memang memperhatikan kualitas backlink ini dan bukan hanya jumlahnya. Situs yang menautkan kembali ke situs Anda harus merupakan situs yang berwibawa.


#Media Sosial

Banyak orang beranggapan bahwa media sosial memiliki manfaat SEO yang luar biasa. Namun, Google tidak memperhitungkan keberadaan media sosial Anda saat memeringkat situs Anda.

Meskipun itu mungkin benar, bukan berarti Anda harus melupakan media sosial. Sebenarnya, ada manfaat SEO tidak langsung yang bisa ditawarkan media sosial. 

Misalnya, media sosial dapat meningkatkan kesadaran merek, membangun audiens khusus untuk situs web Anda, dan meningkatkan jumlah penyebutan merek dan tautan masuk dari kehadiran online Anda.

Selain membantu menjangkau audiens yang lebih luas dan mendorong pendapatan, media sosial berpotensi membantu konten Anda menjadi viral. 

Ketika ini terjadi, akan ada tautan alami dan organik kembali ke situs web Anda yang menyebutkan merek Anda.


#Sebutan Merek

Cara yang bagus untuk membangun lebih banyak tautan adalah dengan menemukan penyebutan merek yang tidak tertaut.

Ini bisa sangat membantu untuk situs web baru yang mencoba mendapatkan 50 hingga 100 backlink pertama.

Cara termudah dan paling efektif untuk memantau penyebutan merek Anda adalah menggunakan alat pihak ketiga. 

Segera setelah Anda menemukan situs web yang menyebutkan merek Anda, Anda dapat mengirimi mereka email dan dengan sopan meminta mereka menambahkan tautan ke penyebutan merek.

Dengan melakukan itu, Anda bisa mendapatkan backlink baru sambil juga mendapatkan lalu lintas rujukan.


#Konten Pemasaran/Pemasaran Konten

konten memiliki potensi untuk membantu Anda menjangkau audiens yang jauh lebih luas daripada sebelumnya dan memberi mereka informasi yang sangat berharga yang memenuhi kebutuhan dan keinginan individu mereka.

Selain konten yang Anda publikasikan di situs web Anda, seperti posting blog, Anda juga dapat memanfaatkan metode alternatif seperti survei, blogging tamu, dan laporan yang dapat diunduh. 

Ini dapat membantu mengarahkan lalu lintas dan menghasilkan prospek sekaligus meningkatkan peringkat Anda di SERP.


SEO On-Page vs SEO Off-Page: Lebih penting mana?


SEO On-Page vs SEO Off-Page:

Terlepas dari apa yang mungkin Anda yakini, SEO on-page dan SEO off-page sama pentingnya untuk website/blog Anda. 

Palajari Juga: SEO On Page

Untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari, kedua hal ini diperlukan.

Dalam kasus tertentu, Anda mungkin ingin lebih fokus pada satu daripada yang lain, tetapi ini tidak berarti bahwa Anda harus mengabaikan yang lain. 

Mereka bekerja sama satu sama lain untuk menghidupkan situs web Anda di mesin pencari.


Kesimpulan

Secara sederhana, Anda tidak dapat memiliki SEO on-page tanpa SEO off-page, karena mereka bekerja sama untuk menyediakan mesin pencari seperti Google dengan gambaran lengkap dan jelas tentang situs web merek Anda.

Selain itu, Anda tidak dapat mengatur SEO dan meninggalkannya. Ini adalah sesuatu yang Anda harus terus bekerja pada website untuk menyadari manfaatnya.